Tips Memilih Kos-Kosan Yang Tepat dan Cermat

Kamu calon mahasiswa yang bakal kuliah jauh dari rumah, bahkan di luar kota? Persiapannya sudah sampai mana, nih? Kalau kamu nggak punya sanak keluarga yang bisa ditumpangi di kota tujuan, tentunya kamu harus cari tempat tinggal dong, ya. Pilihan utamanya biasanya adalah kos-kosan.

Namun mendapatkan kos-kosan yang ideal nggak gampang, lho. Apalagi kalau kamu belum familiar dengan daerah kos-kosannya.

Nah, berikut ini adalah beberapa kriteria kos-kosan yang baik, untuk membantu kamu menyeleksi kos-kosan yang paling sesuai dengan kebutuhan. Yuk, simak!

1. Dekat Dengan Kampus

Pastinya, kos-kosan yang ideal adalah yang dekat dengan kampus kamu. Setiap hari ‘kan kamu bakal berkutat antara kampus dengan kos-kosan, sehingga jarak menjadi isu utama.

Saran saya, jarak antara kos-kosan dengan kampus adalah hal pertama yang harus kamu perhatikan. Lebih dekat ke kampus, lebih baik. ‘Kan niat kamu ngekos adalah supaya kamu bisa berkuliah dengan tenang. Jadi, saat memilih kos-kosan, jangan sampai kamu lebih mementingkan faktor-faktor lain, dan menomorduakan faktor jarak.

2. Punya Fasilitas yang Memadai

Saat memilih calon kos-kosan, cari tahu fasilitas apa saja yang akan kamu dapatkan di sana. Setiap kos-kosan punya fasilitas yang berbeda-beda, karena setiap orang ‘kan punya kebutuhan yang berbeda-beda juga. Misalnya, kalau kamu punya kendaraan pribadi, berarti kamu perlu cari kos-kosan yang punya lahan parkir aman.

Tetapi ada beberapa fasilitas kos-kosan yang menurut saya basic banget dan wajib ada, seperti air yang bersih dan memadai, kamar mandi yang layak, dan pastinya kamar yang nyaman, misalnya, punya jendela untuk sirkulasi udara.

Untuk poin ini, penting juga untuk mempertimbangkan kegiatan kamu sehari-hari, dan apakah kos-kosan tersebut punya fasilitas untuk mendukung kegiatan kamu tersebut. Misalnya, kamu harus terus setiap hari, karena kamu punya bisnis online shop. Nah, berarti kamu perlu mencari kos-kosan yang menyediakan fasilitas wi-fi.

Setelah memastikan kos-kosan tersebut punya fasilitas-fasilitas dasar, baru, deh, cek apakah kosan tersebut punya fasilitas yang lebih spesifik, seperti misalnya dapur atau jemuran.

3. Harga yang Pantas

Bagi banyak orang, harga sewa kos adalah faktor paling utama dalam menentukan pilihan. Wajar lah, ya, karena selama kuliah, kamu harus membayar sewa kosan selama seenggaknya empat tahun ke depan.

Biasanya orang mencari kos-kosan dengan harga semurah mungkin. Padahal jangan lupa, ada prinsip “ada harga, ada barang.” Kalau harga sewa sebuah kos-kosan murah, bisa jadi kamu harus “berjuang” selama tinggal di sana, karena fasilitasnya minim dan lokasinya jauh dari kampus. Sebaliknya, kalau kamu bersedia menyewa kos-kosan yang agak mahal, pastikan fasilitasnya sesuai dengan harganya.

Penentu harga yang mesti kamu perhatikan adalah fasilitas dasarnya serta jaraknya ke kampus. Sisanya, sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan kamu.

4. Lingkungan yang Baik

Untuk mengetahui lingkungan kos yang baik, kamu perlu menyisihkan waktu untuk melihat atau survei langsung ke tempatnya. Kamu nggak bisa langsung tahu secara pasti, sih,seperti apa lingkungan sebuah kos-kosan kalau kamu cuma nongkrong sebentar di sana. Makanya, kamu perlu tanya-tanya ke orang-orang di sekitar kos tersebut.

Misalnya, tanya apakah lingkungan sekitar kos-kosan tersebut aman, atau cenderung “rawan”. Soalnya, menurut teman-teman kuliah saya dulu, banyak kos-kosan yang dijadikan incaran maling untuk nyari mangsa. Hiii, jangan sampai kejadian, deh!

Trus, kalau bisa, cari tahu juga karakter para penghuni kos-kosan tersebut. Apakah mahasiswa semua? Atau ada orang kantoran? Pada sering pulang malam, atau justru berangkat pagi sekali? Suka kumpul bareng dan “pesta-pesta kecil” di kosan, atau malah ansos di kamar masing-masing? Sesuaikan dengan karakter dan kebutuhan kamu sendiri! Untuk hal ini, coba tanya-tanya kepada penguni kosan di situ, atau minta rekomendasi dari teman.

5. Lokasi Strategis

Hal terakhir yang harus kamu perhatikan adalah lingkungan sekitar kosannya. Apakah ada tempat-tempat penting seperti minimart, warung kelontong, dan apotek? Seberapa jauh jaraknya dari klinik, puskesmas, atau rumah sakit terdekat? Tempat-tempat umum tersebut penting, lho, untuk keseharian kamu.

Pastikan juga akses menuju kosan-kosan tersebut nggak susah dan alamatnya cukup jelas, apalagi kalau kamu sering menggunakan jasa kurir, pemesanan transportasi (taksi, Gojek, Uber, Grab, dan sebagainya), atau rutin kedatangan tamu.

Itu dia beberapa tips untuk memilih kos-kosan. Selamat berburu kos-kosan yang ideal, dan selamat ngampus ya!

sumber : youthmanual*com

Hub. Telp./SMS/WA :

+6285327161579